prevnext

INFO MANGROVE

MANFAAT MANGROVE

Masyarakat daerah pantai umumnya mengetahui bahwa hutan mangrove sangat berguna dan dapat di manfaatkan dalam berbagtai cara untuk memenhui kebutuan hidup. pohon mangrove adalah pohon berkayu yang kuat dan berdaun lebat. mulai dari bagian akar, Kulit Kayu, Batang Pohon, daun dan bunganya semua dapat di manfaatkan manusia.

OBAT-OBATAN

Konon Kulit batang dapat di gunakan oleh pengawet dan obat-obatan. Macam-macam obat dapat di hasilkan dari tanaman mangrove. Campuran kulit batang beberapa species mangrove tertentu dapat di jadikan obat penyakit gatal atau peradangan pada kulit. secara tradisional tanaman mangrove di pakai sebagai obat penawar gigitan ular, rematik, gangguan alat pencernaan dan lain-lain.

BAHAN PENGAWET

Buah pohon tancang dapat di jadikan bahan pewarna dan pengawet kain dan jaring dengan merendam dalam air rebusan buah tancang tersebut, selain mengawetkan hasilnya juga pewarnaan menjadi coklat-merah sampai coklat tua, tergatung pekat dan lamanya merendam bahan. Pewarnaan ini banyak di gunakan untuk produksi batik, untuk memperoleh pewarnaan jingga-coklat. air rebusan kulit pohon tinggi di pakai untuk mengawetkan bahan jaring payang oleh nelayan.

BAHAN MAKANAN

Daunnya banyak mengandung protein. Daun muda pohon api-api dapat di makan sebagai sayur atau lalapan. daun-daun ini dapat di jadikan tambahan untuk pakan ternak. daun mangrove jenis api-api mengandung nectar atau cairan yang oleh tawon dapat di konversi menjadi madu yang berkualitas tinggi. buahnya pahit tetapi kalau di masak dengan hati-hati dapat pula dimakan.

BAHAN BANGUNAN

Batang pohon mangrove banyak di jadikan bahan bakar baik sebagai kayu bakar atau di buat dalam bentuk arang untuk kebutuhan rumah tangga dan industri kecil. Batang pohonya berguna sebagai bahan bangunan.

PENGATUR FUNGSI HIDROLOGIS

Kita sudah tau bahwa air laut dapat merembes ke daratan hingga beberapa kilometer kalau ini terjadi, maka air yang di gali di daratan akan tidak layak pakai lagi. ini di sebut intruisi air laut. Hutan mangrove dapat berfungsi sebagai pencegahanya sebab dapat mempertahankan keberadaan lapisan air tawar.

PENJAGA KUALITAS AIR

Selain mencegah intruiksi air laut, hutan mangrove juga berfungsi sebagai filter penjernih air yang masuk ke dalam laut. Sebab hutan mangrove memang memperlambat aliran ini. kualitas air yang pulang ke laut akan meningkat dengan adanya hutan mangrove ini.

PENCEGAH BENCANA ALAM

Keberadaan hutan bakau bisa menghambat derasnya arus laut yang menerjang daratan. memang tidak bisa menghilangkan sama sekali, namun cukup mampu meredam keganasanya, Pengaruh negatif arus laut dan angin bisa di kurangi dengan adanya hutan mangrove ini.

PENJAGA SISTEM DAN PROSES ALAMI

Hutan mangrove mampu menjadi tempat terbentuknya sedimentasi di pesisir pantai. ini bisa membantu pembentukan lahan baru di pesisir. karenanya, para pakar ekologi memberikan predikat pada hutan mangrove sebagai “Penunjang Sistem Penjaga Kehidupan”. Kalau hutan mangrove lenya, kemungkinan abrasi sangat besar.

MENJERNIHKAN AIR

Akar pernafasan (akar pasak ) dan api-api dan tancang bukan hanya berfungsi untuk pernafasan tanaman saja, tetapi berperan juga menangkap endapan dan bisa membersihkan kandungan zat-zat kimia dari air yang datang dari daratan dan mengalir ke laut. Air sungai yang mengalir dari daratan seringkali membawa zat-zat kimia atau polutan. Bila air sungai melewati akar-akar pasak pohon api-api, zat-zat kimia tersebut dapat dilepaskan dan air yang terus mengalir ke laut menjadi bersih. Banyak penduduk melihat daerah ini sebagai lahan marginal yang tidak berguna dan banyak menimbunya dengan tanah agar lebih produktif. Hal ini sangat merugikan karena dapat menutup akar pernafasan dan menyebabkan pohon mati.

MENGAWALI RANTAI MAKANAN

Daun mangrove yang jatuh dan masuk ke dalam air. setelah mencapai dasar teruraikan oleh mikro organisme (bakteri dan jamur). hasil penguraian ini merupakan makanan dari larva dan hewan kecil air yang pada giliranya menjadi mangsa hewan yang lebih besar serta hewan darat yang bermukim atau berkunjung di habitat mangrove.

MELINDUNGI DAN MEMBERI NUTRISI

Akar tongkat pohon mangrove memberi zat makan dan menjadi daerah nursery bagi hewan ikan dan interverbrata yang hidup di sekitarnya. ikan dan udang yang di tangkap di laut dan di daerah terumbu karang sebelum dewasa memerlukan perlindungan dari predator dan suplai nutrisi yang cukup di daerah mangrove ini. Berbagai jenis hewan darat berlindung atau singgah bertengger dan mencari makan di habitat mangrove.

GALLERI HUTAN MANGROVE DAN EKOSISTEMNYA

Beberapa manfaat dan fungsi hutan mangrove dapat di kelompokan sebagai berikut :

    1. Manfaat / Fungsi Fisik :
      • Menjaga agar garis pantai tetap stabil.
      • Melindungi pantai dan sungai dari bahaya erosi dan abrasi.
      • Menahan badai/angin kencang dari laut.
      • Menahan hasil proses penimbunan lumpur, sehingga memungkinkan terbentuknya lahan baru.
      • Menjadi wilayah penyangga, serta berfungsi menyaring air laut menjadi air daratan yang tawar.
      • Mengolah limbah beracun, penghasil O2 dan penyerap CO2.
    1. Manfaat / Fungsi Biologis :
      • Menghasilkan bahan pelapukan yang menjadi sumber makanan penting bagi plankton, sehingga penting pula bagi keberlanjutan rantai makanan.
      • Tempat memijah dan berkembang biaknya ikan-ikan, kerang, kepiting dan udang.
      • Tempat berlindung, bersarang dan berkembang biak dari burung dan satwa lain.
      • Sumber plasma nutfah & sumber genetik.
      • Merupakan habitat alami bagi berbagai jenis biota.
    1. Manfaat / Fungsi Ekonomis :
      • Penghasil kayu : bakar, arang, bahan bangunan.
      • Penghasil bahan baku industri : pulp, tanin, kertas, tekstil, makanan, obat-obatan, kosmetik, dll.
      • Penghasil bibit ikan, nener, kerang, kepiting, bandeng melalui pola tambak silvofishery.
      • Tempat wisata, penelitian & pendidikan.