prevnext

Kualitas, Tentukan Serapan Kepiting Bakau di Pasaran

thumbnailMangupura (Bisnis Bali)–8 Juli 2010 Siapa yang mau mengambil produk serta komoditas yang berkualitas jelek? Tentu saja tidak ada yang mau. Semua konsumen ingin memperoleh produk serta komoditas yang memiliki kualitas bagus. Dengan kualitas bagus tersebut penyerapan pasar akan produk yang dihasilkan akan makin mudah, serta harga pun akan meningkat serta sulit dipermainkan khususnya oleh konsumen.

“Kualitas sangat menentukan nilai jual produk yang kami hasilkan. Begitu juga halnya dengan budi daya kepiting bakau ini. Jika kepiting yang dihasilkan petani budi daya bagus, maka harganya pun ikut bagus di pasaran,” ungkap Ketua Kelompok Nelayan Wana Sari, Made Sumasa, Rabu (7/7) kemarin.  Ia mengatakan, kepiting bakau yang bagus memiliki kualitas ekspor. Selama ini tidak mempengaruhi harga maupun pasaran kepiting bakau selama ini. Namun, harga komoditi budi daya harganya lebih ditentukan oleh kualitas yang dihasilkan.

Lebih jauh dikatakan, untuk mendapatkan kepiting bakau yang berkualitas, maka perlu tata cara pembudidayaan yang benar serta proses budi daya yang tepat guna menghasilkan kepiting berkualitas ekspor. Diungkapkan, seekor kepiting yang berkualitas super beratnya bisa mencapai 1 kilogram. Harga jualnya pun sungguh mengiurkan. Di pasaran, harga kepiting per kilogramnya Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu. “Kepiting bakau yang dipelihara dalam keramba di hutan bakau Tuban ini dinilai memiliki kualitas gizi terbaik dibanding kepiting bakau dari daerah lainnya. Hal tersebut diungkapkan beberapa pemilik restoran yang menjadi langganannya,” ujarnya.

Lebih jauh diungkapkan, selama ini beberapa pemilik restoran yang ada di Jimbaran tersebut lebih memilih kepiting bakau jantan yang memiliki cabit besar dan gemuk. “Wisatawan yang makan di restoran tersebut kebanyakan wisatawan Asia yang menyukai kepiting gemuk dengan cabit besar,” katanya. *dwi

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>