prevnext

Loloan Terhalang Beton Tol, Nelayan Gigit Jari

Berita Dewata.com by Nur Aini, 06 Jan 2013

“Ketua Nelayan Wanasari : Janji Itu Tak Kunjung Terealisasi”

thumbnailKuta (beritadewata.com) – Loloan yang menjadi sarana para nelayan Wanasari Tuban, Kuta terhalang karena adanya beton-beton jalan tol JTB. Kondisi ini tak pelak membuat mereka tidak bisa melaut untuk mencari ikan. Pasalnya, loloan yang tidak sesuai dengan ukuran jukung mereka, membuat resiko mereka jauh lebih besar ketika melaut. Dengan adanya pembangunan jalan tol JTB, dan tanpa adanya jembatan di loloan yang sesuai dengan alur jukung kami. Tak pelak, penghidupan kami sebagai nelayan mati,” ujar Ketua Nelayan Wanasari, Made Sumasa, ditemui di mangrove Wanasari, Tuban, Kuta, Minggu siang (6/1).

Kenapa penghidupan nelayan mati? Sebab, jukung nelayan yang hendak melewati loloan tersebut kerap tertendang dan tersedot arus air, baik itu ketika pasang ataupun surut. Mengingat, luas jembatan di loloan tersebut tidak sesuai dengan lebar jukung. Pun demikian, terdapat material beton tol yang jatuh dan berserakan di lokasi loloan. Jika loloan yang di jembatan tidak sesuai dengan lebar jukung yang ada, terus terang para nelayan beresiko besar ketika melaut. Sebab, seperti yang dilihat, jika pasang kita melaut, jukung pasti ditendang arus air laut. Ataupun tersedot ketika melewati loloan tersebut,” terangnya.

Atas kondisi tersebut, dirinya sudah mencoba berkoordinasi dengan pihak JTB. Dan pihak JTB sendiri berjanji akan menindaklanjuti permasalahan loloan tersebut. Sayang, hingga detik ini, apa yang dijanjikan tersebut tak kunjung ada realisasi. “Kami sudah coba berkoordinasi dengan pihak JTB. Tapi, nyatanya janji yang mereka katakan Maret lalu, hingga saat ini tidak terealisasi,” tandasnya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>